SEKILAS INFO
: - Sabtu, 25-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selamat Datang Di SMA Kharismawita Depok, Memberikan Pendidikan Terbaik Untuk Anak Anda
  • 4 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
Belajar tentang arti seorang nelayan

Belajar tentang arti seorang nelayan bagi kita.karena setiap hari kita mengkonsumsi ikan yang kadang kita lupa jerih payah nelayan itu menangkap ikan .Nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan pekerjaan dalam operasi penangkapan ikan/binatang air lainnya/tanaman air. Orang yang hanya melakukan pekerjaan, seperti membuat jaring, mengangkut alat-alat/perlengkapan kedalam perahu/kapal, mengangkut ikan dari perahu/kapal tidak dimasukkan sebagai nelayan. Tetapi ahli mesin, juru masak yang bekerja diatas kapal penangkap ikan dimasukkan sebagai nelayan. Nelayan merupakan kelompok kerja yang tempat bekerjanya di air; yaitu sungai, danau atau laut. Karena mereka dipandang sebagai pekerja, maka kegiatan-kegiatannya hanya refleksi dari kerja itu sendiri dan terlepas dari filosofi kehidupan nelayan, bahwa sumber penghidupannya terletak dan berada dilautan. Sumber kehidupan yang berada di laut mempunyai makna bahwa manusia yang akan memanfaatkan sumber hidup yang tersedia dilaut tidak mempertentangkan dirinya dengan hukum-hukum alam kelautan yang telah terbentuk dan terpola seperti yang mereka lihat dan rasakan.

Laut sebagai bagian dari alam semesta mempunyai kecirian tersendiri dibanding-kan dengan bagian alam semesta lainnya seperti tanah, udara dan panas matahari. Kecirian yang berbeda nyata dan sangat besar antara laut dengan tanah telah memberikan kesempatan pada manusia untuk mengenalinya lebih dalam, terutama setelah dikaitkan dengan udara dan panas matahari diantara keduanya, agar dapat bermanfaat bagi sumber penghidupan.

Pekerjaan sebagai nelayan adalah pekerjaan yang berat, dan tidak diragukan lagi. Mereka yang menjadi nelayan tidak dapat membayangkan pekerjaan lain yang lebih mudah, sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Keterampilan sebagai nelayan bersifat amat sederhana dan hampir sepenuhnya dapat dipelajari dari orangtua mereka sejak mereka masih kanak-kanak. Apabila orang tua mampu, mereka pasti akan berusaha menyekolah-kan anak setinggi mungkin sehingga tidak harus menjadi nelayan seperti orangtua mereka. Tetapi dari kasus-kasus keluarga yang diteliti, ternyata kebanyakan mereka tidak mampu membebaskan diri dari profesi nelayan, turun temurun mereka adalah nelayan. Dipihak lain, banyak ditemui kelompok-kelompok nelayan tetap mampu bertahan hidup dalam menghadapi keadaan yang sangat berat sekalipun, terutama pada masa-masa paceklik.

Para nelayan juga mempunyai kewajiban yaitu harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Mereka tidak memakai zat berbahaya mirip racun dan bom ikan yang akan memusnahkan isi laut. Mereka memakai peralatan sederhana, seperti jala ikan biasa dan menggunakan perahu nelayan tradisional

Ketika perahu mereka telah penuh dengan muatan ikan, mereka akan kembali ke pantai untuk menjual tangkapan mereka. Mereka harus memastikan bahari mereka tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya yang dapat mengancam kehidupan biota bahari dan kehidupan mereka sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PEMBUKAAN PENDAFTARAN CALON SISWA BARU

Selamat Datang Di Website SMA Kharismawita

Pengumuman Libur Panjang Akhir Semester